Rechercher dans ce blog

Minggu, 06 Juni 2021

Mencoba Nasi Sorgum, Alternatif Nasi Beras untuk Makanan Pokok - Kompas.com - KOMPAS.com

KOMPAS.com - Mencari alternatif nasi beras begitu sulit untuk keluarga saya. Beberapakali saya "mengajukan" makanan pokok pengganti beras nasi ke orangtua.

Perihal mencari makanan pokok pengganti beras ini terjadi lantaran saya sadar semakin tua manusia, metabolismenya semakin lambat. Butuh asupan serat yang cukup.

Oangtua butuh mengontrol kadar gula, sementara kandungan gula ditemui di nasi beras putih.

Saya juga merasakan makan nasi beras putih lebih mudah lapar, khususnya saat bekerja dari rumah musim pandemi. Makan banyak, sedikit bergerak, alhasil berat badan sulit dikontrol.

Jadi makanan pokok alternatif ini, buat saya bukan cuma soal Indonesia yang ketergantungan akan beras.

Baca juga: Apa Itu Sorgum? Alternatif Makanan Pokok Selain Beras

Ada beberapa sumber karbohidrat lokal yang pernah saya "ajukan" ke orangtua.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada talas dan singkong, yang saya sajikan dengan ikan goreng dan sayur bunga pepaya. Kombinasi ini saya pelajari saat berkunjung ke Papua.

Saya sendiri doyan, tetapi apa boleh buat, bagi orangtua saya umbi-umbian lebih enak disantap jadi camilan.

Talas, singkong, dan gembili yang sudah direbus malah dijadikan teman makan kopi hitam saat sore hari.

Makan malamnya, ya nasi beras putih lagi. Terkadang dicampur beras merah.

Baca juga: 15 Camilan dari Singkong, dari yang Jadul hingga Kekinian

Adblock test (Why?)


Mencoba Nasi Sorgum, Alternatif Nasi Beras untuk Makanan Pokok - Kompas.com - KOMPAS.com
Read More

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pelesiran ke Hokkaido, Jangan Lupa Cicipi Lima Makanan Populer Ini - BeritaSatu.com

[unable to retrieve full-text content] Pelesiran ke Hokkaido, Jangan Lupa Cicipi Lima Makanan Populer Ini    BeritaSatu.com Pelesiran ke H...