Rechercher dans ce blog

Jumat, 06 Januari 2023

Tahok, Kuliner Tradisional Solo yang Kian Langka - BeritaSatu.com

Solo, Beritasatu.com - Tahok merupakan salah satu kuliner tradisional Kota Solo yang memiliki rasa mirip susu kedelai tawar berbentuk padat. Sementara, kuahnya memiliki rasa manis pedas.

Disajikan selagi hangat saat pagi hari menggunakan mangkuk bersama kuah dari olahan jahe, pandan, garam, daun jeruk, dan serai, sekilas tampilan tahok seperti bubur sum-sum.

Perpaduan tekstur tahok yang lembut dan kuahnya yang manis-manis pedas terasa enak sekali ketika melewati kerongkongan.

Sayangnya, saat ini di Solo hanya tersisa dua penjual tahok, yaitu Wagiman dan Citro. Tahok Wagiman berlokasi di jalan Kapten Mulyadi Nomor 76 Jebres. Tahok Wagiman ini termasuk legendaris karena telah berjualan sejak tahun 1969.

"Sari kedelai atau kembang tahu dari kedelai putih, bukanya dari tahun 1969 dari mbahnya dulu sampai sekarang," jelas penjual tahok Wagiman, Christiano Kusuma kepada BTV, Sabtu (7/1/2023).

Tahok, salah satu makanan tradisional khas kota Solo, Jawa Tengah.
Tahok, salah satu makanan tradisional khas kota Solo, Jawa Tengah.

Santapan segar ini buka mulai pukul 06.00 WIB hingga habis. Seporsi tahok Solo hangat disajikan bersama kuah jahe hanya dibanderol seharga Rp 8.000. Kuliner ini cocok untuk sarapan dan juga dapat menghangatkan badan di pagi hari.

Menyoal asal-muasalnya, tahok sendiri merupakan salah satu makanan tradisional khas Kota Solo. Namun, ternyata tahok bukanlah produk asli Kota Solo. Pasalnya, tahok merupakan salah satu makanan khas Tionghoa.

Dahulu, tahok dikonsumsi masyarakat Tionghoa yang tinggal di pulau Jawa. Namun seiring berjalannya waktu, masyarakat setempat juga menggemarinya. Akhirnya, tahok dikenal sebagai salah satu makanan tradisional yang tidak dapat dipisahkan dari Kota Solo.

"Termasuk salah satu hidangan chinese food, namun semua kalangan masuk karena rasanya seperti wedang ronde," terang Christiano.

Walaupun makanan tradisional yang cukup lampau, tahok Wagiman menjadi menu favorit warga solo. Tahok juga menjadi salah satu kuliner tradisional khas Solo yang diburu para penikmat kuliner.

"Pertama kali makan tahok ini, rasanya itu lembut, gurih dan hangat di badan, buat sarapan lumayan enak," terang Eka salah satu penikmat kuliner.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

Adblock test (Why?)


Tahok, Kuliner Tradisional Solo yang Kian Langka - BeritaSatu.com
Read More

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pelesiran ke Hokkaido, Jangan Lupa Cicipi Lima Makanan Populer Ini - BeritaSatu.com

[unable to retrieve full-text content] Pelesiran ke Hokkaido, Jangan Lupa Cicipi Lima Makanan Populer Ini    BeritaSatu.com Pelesiran ke H...