Rechercher dans ce blog

Senin, 09 Januari 2023

6 Makanan yang Perlu Dikonsumsi Tahun Ini, Sehat Terus Sepanjang 2023 - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Resolusi hidup sehat di 2023 tak akan ada artinya tanpa langkah nyata. Salah satunya, Anda perlu memperbanyak beberapa jenis makanan berikut agar lebih sehat.

Tak ada kata terlambat untuk menyusun strategi agar tubuh lebih fit dan sehat pada tahun ini.

Jika Anda hanya berencana menambah asupan buah dan sayur, maka tampaknya Anda akan tetap jauh dengan tujuan hidup sehat. Anda perlu menambahkan asupan lainnya.

Buah dan sayur memang penting. Tetapi, pertimbangkan juga makanan sehat lain, seperti berikut mengutip berbagai sumber.

1. Kimchi

'Demam' Korea membuat sebagian orang menyantap makanan khas Negeri Ginseng ini, salah satunya kimchi. Buat orang Korea, kimchi seperti sambal yang menemani aneka hidangan mulai dari sop, tumisan, sampai daging panggang.

Kimchi terbuat dari kubis yang difermentasi bersama saus khusus sehingga rasanya khas. Pangan fermentasi ini memberikan aneka nutrisi penting buat tubuh, terutama pencernaan.

Selain itu, kimchi juga memasok antioksidan buat tubuh, memiliki sifat antibakteri, membantu mengurangi risiko obesitas, serta membuat Anda awet muda.

"Kimchi adalah makanan fermentasi atau makanan probiotik dengan senyawa dari bahan-bahan seperti polifenol, karotenoid, capsaicin, senyawa yang mengandung sulfur, serat, dan senyawa yang dihasilkan dari proses fermentasi seperti bakteri asam laktat," jelas ahli diet Paulina Lee seperti dikutip dari Eat This Not That.

2. Kunyit

ilustrasi kunyitIlustrasi. Kunyit, salah satu makanan sehat yang perlu lebih banyak dikonsumsi pada tahun 2023. (iStockphoto/ollo)

Salah satu rempah yang perlu ditambahkan pada masakan adalah kunyit. Kunyit akan membantu mengatasi peradangan dalam tubuh.

"Kunyit mengandung kurkumin yang merangsang aktivasi peradangan, sehingga meningkatkan detoksifikasi racun," kata Lee.

Dia menyarankan menambahkan bumbu ini saat marinasi ikan atau sumber protein lain.

3. Kurma

Tak perlu menunggu bulan Ramadan, Anda juga bisa menambahkan kurma ke dalam menu diet harian pada tahun ini.

Ahli gizi Nicole Stefanow menyebut bahwa buah satu ini akan mendapat perhatian lebih pada tahun 2023.

"Tahun ini kita akan melihat banyak resep dan produk yang memanfaatkan rasa manis alami dari buah-buahan kering seperti kurma," ujar Stefanow seperti dikutip dari Food Network.

Kurma dikenal kaya akan serat dan antioksidan. Hal ini membuat kurma dapat menyehatkan pencernaan, mengurangi inflamasi, mendukung kesehatan jantung, serta menurunkan risiko kanker.

Simak makanan sehat lain yang perlu dikonsumsi tahun 2023 lainnya di halaman berikutnya..

Stroberi hingga kaldu tulang

BACA HALAMAN BERIKUTNYA

Adblock test (Why?)


6 Makanan yang Perlu Dikonsumsi Tahun Ini, Sehat Terus Sepanjang 2023 - CNN Indonesia
Read More

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pelesiran ke Hokkaido, Jangan Lupa Cicipi Lima Makanan Populer Ini - BeritaSatu.com

[unable to retrieve full-text content] Pelesiran ke Hokkaido, Jangan Lupa Cicipi Lima Makanan Populer Ini    BeritaSatu.com Pelesiran ke H...